Rabu, 09 Mei 2012

Banjarmasin Berupaya Selamatkan Pasar Terapung

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan melalui Dinas Pariwisata berupaya menyelamatkan objek wisata Pasar Terapung dari kepunahan.

Kepala Dinas Pariwisata setempat, Noor Hasan kepada pers di Banjarmasin, Selasa (8/5/2012) mengakui prihatin atas kondisi Pasar Terapung sekarang yang kian waktu terus berkurang aktivitasnya, dan kalau tak diselamatkan diperkirakan akan hilang.

Ia mengakui memang terdapat beberapa persoalan yang menyebabkan objek wisata andalan Banjarmasin itu terus berkurang aktivitasnya.

Persoalan pertama pertumbuhan jalan darat sudah begitu pesat sehingga warga yang tadinya berbelanja hanya melalui sungai kini sudah bisa melalui darat.

Hasil bumi atau hasil pertanian yang tadinya hanya bisa dipasarkan melalui angkutan sungai sekarang sudah banyak jalan darat hingga pemasarannya banyak alternatif.

Kemudian arus lalu-lintas angkutan sungai di kawasan Pasar terapung begitu pesat sehingga menganggu aktivitas para pelaku ekonomi di pasar tersebut.

Tetapi yang paling mengganggu, kata Noor Hasan ada angkutan kapal penyeberangan persis membelah kawasan Pasar terapung, maka bila kapal tersebut melewati kawasan itu para pedagang khususnya ibu-ibu pengayuh sampan menjadi takut oleng sampannya, lalu enggan di kawasan itu.

Akibatnya Pasar Terapung menjadi dua kelompok tidak lagi bersatu seperti dulu, yang membuat kawasan itu mulai kurang menarik, kata Noor Hasan.

Persoalan lain, di dekat itu terdapat pasar di darat yang mengurangi warga yang ada di daratan mengayuh sampannya untuk berbelanja ke Pasar Terapung.

Upaya yang dilakukan untuk menyelamatkan Pasar Terapung tersebut seperti mengimbau kapal penyeberangan itu supaya tak beroperasi di wilayah itu,dan sekarang kapal penyeberangan tersebut tidak beroperasi lagi.

Kemudian meminta pengelola pasar di darat supaya aktivitasnya menghadap ke pasar terapung sehingga menjadi satu kesatuan antara pasar di darat dan pasar di sungai.

Tindakan lainnya, kemungkinan Pemkot menciptakan Pasar Terapung baru di kawasan perairan Pulau Insan, walau nantinya yang dijual bukan semata hasil bumi dan pertanian tetapi lebih ditekankan adalah barang cendramata, demikian Noor Hasan.

Apalagi Pasar Terapung termasuk tiga objek wisata andalan Kalsel, selain Pendulangan Intan dan Pusat penjualan Permata Martapura yang bakal memperoleh bantuan dari pemerintah pusat.

Dengan adanya bantuan pemerintah pusat diharapkan masa mendatang bisa menyelamatkan keberadaan pasar terapung tersebut.
DiKUTIP dari banjarmasinpost 

Pasar Terapung Bakal Dipindah ke Jafri Zamzam

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Rombongan Kerja Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan ke Pemko Banjarmasin. Pertemuan, dilakukan di Aula Kayuh Baimbai Pemko Banjarmasin. Diterima langsung Asisten I Kota Banjarmasin, Gazi Ahmadi dan Kadisbudparpora Kota Banjarmasin, Noorhasan Sonang.

Dalam pemaparannya, Noorhasan yang sebelumnya membawa rombongan ke pasar terapung mengatakan banyak program yang dilakukan untuk menjaga keberadaan Pasar Terapung. Dia mengatakan keberadaan sungai memang sudah jadi andalan bagi Kota Banjarmasin.

Ke depan, program Pasar Terapung akan dikembangkan ke arah sungai dalam kota. "Rencananya Pasar Terapung akan bergeser ke Pasar Terapung dalam kota di Jalan Jafri Zamzam," ujar Noorhasan, Kamis (23/2/2012). 

dikutip dari banjarmasinpost

Tidak ada komentar:

Posting Komentar